Kenali Alasan Kerusakannya Sebelum Menggunakan Alat Servis HP

Apa Anda sudah mempertimbangkan sesuatu sebelum menggunakan alat servis HP? Nah, jika belum, anda perlu melakukan perencanaan dahulu, misalnya kendala atau permasalahan yang terjadi pada ponsel terlebih dahulu. Pastinya, anda ingin mencari solusinya seperti apa kan? Nah, bagaimana kendala yang biasa dialami dan bagaimana solusinya?

Kendala-Kendala Yang Biasa Terjadi Pada Ponsel Sebelum Menggunakan Alat Servis

Jangan terburu-buru menggunakan ponsel sebelum menggunakan alat servis HP! Lihatlah gejala apa dulu yang terjadi pada ponsel Anda. Berikut beberapa faktor kerusakan ponsel yang perlu Anda ketahui sebelum mengutak-atiknya:

  • Ponsel terkena Cairan Atau Berkarat

Dalam kasus ini, Anda akan menemukan permasalah yang terjadi pada komponen ponsel seperti terendam air. Biasanya permasalahan ini timbul karena ponsel terendam atau tercebur dalam air. Terkadang cairan ini menyebabkan lapisan logam komponen mengalami korosi atau berkarat.

  • Ponsel Sering Terbanting Dan Terjatuh

Anda bisa melihat seberapa parah ponsel terjatuh dari bentuk fisiknya, misalnya banyak goresan yang ditemukan pada layar, banyak retakan yang ditemukan pada ponsel, ada bagian tertentu yang lepas. Kerusakan pada salah satu bagian HP terkadang membuat ponsel menjadi mati total.

  • Komponen Ponsel Palsu Dan Kadaluwarsa

Banyak pengguna yang tergiur dengan harga murah dikarenakan harga komponen yang asli sangat mahal. Sebagus-bagusnya alat servis yang digunakan, komponen tetap menjadi faktor utama. Jadi, Anda disarankan membeli komponen yang asli. Untuk masa kadaluarsa, baterai menjadi komponen utama yang perlu diperhatikan masa kadaluarsa sebelum diservis.

  • Kendala Hardware Pada Ponsel

Kerusakan yang terjadi pada hardware ponsel biasanya menyebabkan permasalahan yang lainnya seperti kesulitan saat mengisi daya baterai, volume suara video tiba-tiba bisu dan tidak bisa mendengar suara lawan bicara saat telepon.

  • Kualitas Solder Yang Kurang Bagus

Karena kualitas solder buruk, usia komponen pun juga tidak bisa tahan lama. Inilah yang terkadang membuat komponen mudah lepas atau rusak jika terjatuh atau terbentur.

Solusi Untuk Permasalahan Yang Terjadi Pada Komponen HP

Salah satu solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengganti komponen yang rusak parah dengan komponen yang lebih baru dahulu sebelum dibenahi dengan alat servis HP.

Namun, banyak orang yang merasa tidak telaten dan lebih memilih untuk membeli HP yang baru, apakah Anda juga berpikir demikian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *